Panduan Terus Sehat Walau Duduk Sepanjang hari

Anda yang bekerja di kantor, umumnya bakal duduk sepanjang hari dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Terutama hal semacam itu berlangsung lima hari dalam satu minggu. Belum lagi saat lembur Anda. Umumnya duduk sudah pasti tak baik untuk kesehatan Anda. Bila dikerjakan kurun waktu lama, jadi makin lama tentu efeknya bakal tampak.

Tetapi tentunya Anda tak dapat hindari kondisi ini. Karenanya Anda tak perlu cemas lantaran berikut ini yaitu beberapa tips supaya Anda tetaplah sehat walau duduk sepanjang hari

1. Selingi dengan kegiatan lain

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, terlalu banyak duduk dapat menyebabkan peningkatan risiko berbagai penyakit kanker dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu ada baiknya setiap 30 menit sekali Anda berdiri dan berjalan kecil di sekitar kantor Anda. Anda bisa ke toilet atau bisa ke dapur, hal itu pun cukup Anda lakukan 3 menit saja. Meskipun Anda kebanyakan duduk, Anda juga sesekali harus bergerak.

2. Olahraga setiap hari

Ada baiknya sebelum berangkat ke kantor Anda melakukan olahraga ringan seperti berlari kecil di sekitar komplek rumah Anda. Cukup 30 menit saja. Karena Anda berkeringat, akan lebih baik jika Anda melakukannya setelah bangun tidur sebelum mandi. Jika Anda malas keluar rumah, Anda bisa melakukan senam di rumah, berupa sit up, push, up, dan lari di tempat.

3. Tidur siang singkat

Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat siang Anda dengan tidur singkat. Peneliti dari Northwestern University dalam studinya menemukan, tidur siang meski dalam waktu singkat dapat membantu meningkat konsentrasi Anda sehinga ketika melanjutkan pekerjaan setelah bangun Anda akan lebih bersemangat. Jika Anda tidak ingin kebablasan Anda bisa menyetel alarm atau meminta teman Anda membangunkan Anda di jam yang telah Anda tentukan.

4. Meregangkan otot

Tidak ada salahnya jika Anda sering meregangkan otot disela-sela Anda bekerja. Hal ini dilakukan agar otot Anda tidak kaku karena kebanyakan duduk. Meregangkan otot dapat membuat otot Anda bergerak dan tidak kehilangan fungsinya. Hal ini pun bisa Anda lakukan di tempat duduk.

5. Memelihara tanaman hijau

Karena Anda terlalu banyak duduk, Anda pun akan sering terpapar AC. AC sendiri sebenarnya dapat menjadi sumber kuman, virus, dan zat-zat berbahaya bagi tubuh. Untuk itu tidak ada salahnya Anda memelihara tanaman hijau di ruangan Anda, tanaman yang memang dikhususkan untuk ruangan. Tanaman tersebut pastinya dapat menyerap zat-zat beracun di ruangan kerja Anda dan mengeluarkan oksigen yang lebih Anda butuhkan.

6. Mengonsumsi makanan sehat setiap harinya

Hal ini sangat penting Anda lakukan agar Anda senantiasa sehat selalu. Memang dengan kebanyakan duduk, Anda biasanya sering malas membeli makanan di luar. Namun jika Anda malas, Anda bisa membawa bekal dari rumah. Anda juga harus ingat dengan berjalan disela-sela kerja Anda, Anda dapat menghitungnya sebagai gerakan ringan yang Anda lakukan. Karena itu tidak ada salahnya jika Anda mencari makanan di luar kantor, namun Anda tetap harus memilih makanan yang sehat

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *